Ilham - Call / WA +6281267 45797...........

5 Macam Olahan Kopi di 

Sumatera Barat

 

Pesta Rakyat Kopi Gombengsari Jadi Cara Pertahankan Kopi Rakyat


Sumatera Barat mempunyai 5 Jenis Minuman Kopi yang memiliki ciri khas yang berbeda dibanding dengan Minuman Kopi yang biasa nya

Ada beberapa jenis Minuman Kopi yang mempunyai aroma yang berbeda, ada juga rasanya sama, tapi pembuatan dan pengolahannya berbeda sehingga kita perlu mengenal jenis Minuman Kopi yang nikmat dan berkhasiat.

5 Jenis Minuman Kopi dari (Minangkabau) Sumatra Barat yang paling digemari oleh Masyarakat setempat dan juga dikenal di seluruh Wilayah Indonesia dan Dunia, sehingga kita perlu mengenal Jenis Minuman Kopi khas dari Minang.

 

1. Kopi Kampung
Kopi ini memiliki aroma yang lebih ringan dibandingkan dengan Kopi Sumatera lainnya. Bagian bijinya berukuran rendah – sedang dan memiliki rasa yang manis, seperti layaknya buah – buahan tropis dan aroma floral sehingga Kopi ini paling banyak disukai oleh warga Solok.

Kopi ini mirip dengan bagian Kopi – Kopi di Afrika pada umumnya, tanaman biji kopi ini bisa ditemui di dataran tinggi Kabupaten Solok, Sumatera Barat yang dekat dengan Gunung Talang.

Kopi yang sudah terkenal semenjak 2 – 3 tahun yang lalu ini menjadi salah satu Minuman Kopi yang paling banyak diminati untuk kalangan generasi muda di Wilayah Sumatera Barat.

 

Warung Kopi Jadul di Kediri: Keajaiban Tersembunyi yang Meramaikan Hidup di  Pinggir Hutan
Kopi Kampung


2. Kopi Susu
Kopi ini disingkat menjadi "Kopmil", merupakan salah satu Minuman yang Paling banyak diminati oleh kaum anak muda di Mianangkabau, Berbeda dengan Minuman lainnya karena kopi ini baru mulai dikenali oleh masyarakat pada tahun 2010.

Kopi ini memiliki campuran Kopi dengan Milo, Secara rasa Kopi ini masih mendominasi untuk saat ini khususnya bagi warga Kota Padang. Meskipun begitu ternyata campuran Milo memberikan rasa manis untuk mengimbangi rasa pahit dari kopi.

 

Kafe Kopi Susu Con Leche Latte Dalam Cangkir Terisolasi Foto Stok - Unduh  Gambar Sekarang - iStock
Kopi Susu


3. Kopi Talua
Kopi ini sebenarnya berbeda dengan Teh Talua (Teh Telor) sebagai minuman hangat pada umumnya, karena minuman ini memiliki rasa yang berbeda dibanding Teh Talua yang rasanya manis.

Kopi Talua ini dibuat dengan mengaduk Telur dengan gula, namun yang membedakan antara Kopi Talua dengan Teh Talua terletak pada campuran Kopi yang digunakan dalam minuman ini.

Sama seperti Teh Talua pada umumnya, Kopi ini juga memiliki Khasiat yang sama untuk meningkatkan stamina, tapi hanya bisa dinikmati pada pagi hari saat menghadapi kegiatan yang padat.

 

Kopi Talua


4. Kopi Kawa Daun
Kopi yang paling diminati pada zaman penjajahan Belanda ini memiliki cita rasa yang berbeda, daun Kopi menjadi salah satu bahan utama yang dipakai untuk membuat Rasa Kopi yang sama dengan minuman Kopi lainnya.

Zaman dahulu gelas Kopi Kawa Daun ini identik dengan menggunakan batok kelapa sebagai gelas Minuman, karena pada saat itu masyarakat tidak memiliki gelas kaca.

Selagi panas, biasa nya Kopi dituang ke dalam batok kelapa yang di bawahnya sudah di alas tengkak, berfungsi sebagai tatakan gelas supaya tidak tumpah.

 

Tak Hanya Nikmat, Minuman Kawa Daun juga Menyehatkan
Kopi Kawa Daun


5. Kopi Tatungkuik
Minuman yang satu ini disantap dengan cara yang terbalik, sehingga mungkin kebanyakan dari mereka tidak terlalu biasa meminum dengan cara yang tidak biasa, Kopi Tatungkuik adalah salah satunnya.

Kopi ini memiliki biji yang kasar ditambah ketan hitam dan susu diseduh air panas. Dengan posisi terbalik, kita menyeruput kopi yang keluar dari tadah dengan memakai sedotan, sehingga kopi ini terkurung di dalam gelas dan tetap terjaga panasnya.

Minuman ini berasal dari Kabupaten Agam, jadi hanya bisa diminum pada saat cuacanya dingin di daerah Pegunungan, sehingga ini menjadi salah satu Minuman yang cocok untuk menghangatkan badan.

 

Asyiknya Menikmati “Kopi Tatungkuik” dengan Cara Tak Biasa di Malalak –  AMCNews
Kopi Tatungkuik


Itu tadi adalah 5 Jenis Minuman Kopi yang berasal dari Sumatera Barat, walaupun rasannya berbeda – beda, tetapi cita rasa dan aroma pembuatanya masih tetap sama. Sehingga tidak perlu diragukan lagi bahwa Minuman Kopi khas Sumatera Barat memiliki rasa yang tidak jauh berbeda dibanding jenis Minuman Kopi dari Sumatera Lainnya. (Haluan)





See Other Articles